Catatan Pengajian 23 Jan

📝 Catatan Pengajian Birmingham – Oxford (13 Rabi’ul-Akhir 1437 H / 23 Januari 2016)

Judul : Derajat-Derajat Manusia di Sisi Allah

✏ Di akhirat umat manusia akan dibagi mnjadi 2 golongan besar
1. Org2 yg beriman kpd Allah, akan bersenang-senang di taman surga
2. Org2 yg tdk beriman kpd Allah, akan menerima adzab di neraka

✏ Golongan org2 yg beriman akan dibagi lagi mnjadi 3 golongan
1. Golongan yg dzolim kpd diri sendiri yaitu org2 yg beriman tp masih berbuat dosa. Hal ini adl manusiawi krn berdasarkan hadist “Setiap anak adam pasti BANYAK berbuat kesalahan & sebaik-baik org yg berbuat kesalahan adalah yg mau bertaubat”. Meskipun manusiawi, sifat ini harus terus dilawan dgn cara hindari dosa dan/atau bertaubat.
2. Golongan yg cukup (muqtashid) yaitu org2 yg melaksanakan kewajiban dan menghindari dosa, atau langsung bertaubat saat berdosa.
3. Golongan yg berlomba2 dlm kebaikan yaitu org2 yg selain mengerjakan amalan wajib & menghindari dosa, juga melaksanakan yg sunah & menghindari yang makruh & sebagian mubah yg menjurus ke haram, dan bila terjerumus dlm dosa lgsg taubat.

📝 Dalam kajian yg lain jg ada ulama’ yg membagi menjadi 16 golongan

1. Ulul azmi, yaitu 5 rasul yang paling utama, yg disebutkan sepaket dlm al quran (Nabi Nuh, Ibrahim, Musa, Isa, dan Muhammad)
2. Nabi-nabi lainnya yg totalnya berjumlah 124ribu
3. Penerus para nabi/ulama krn mereka bnr2 takut kpd Allah dan dari merekalah kita mendaptkan ilmu. Krn brg siapa yg menunjukkan jln yg baik, baginya pahala org yg mengikutinya tanpa mengurangi pahala org yg berbuat baik tsb.
4. Para pemimpin yg adil, yg diberikan amanah dan melaksanakannya. Hadist: 7 golongan dimana Allah akan menaungi hamba di mana tidak ada naungan selain Allah.
– Pemimpin yg adil
– Pemuda taat beribadah
– Lelaki yg hatinya tertaut ke masjid
– Dua org yg mencintai krn Allah, bertemu dan berpisah krn Allah
– Lelaki yg digoda wanita yg cantik dan berkata aku takut kpd Allah
– Org yg bersedekah scr sembunyi2
– Org yg mengingat Allah saat sendiri kemudian mencucurkan air mata.

5. Org2 yg berjihad di jln Allah, dgn salah satu syarat jihad adalah harus bersama pemerintah.
6. Org2 yg bersedekah

Golongan 1s/d 6 melaksanakan ibadah yg ada hubungannya dan bermanfaat bagi org lain

7. Org2 yg beribadah u/ diri sendiri, misal shalat, puasa, dzikir
8. Ahlun-najah. Org2 yg mengerjakan amalan wajib saja dan menghindari yg haram. Tdk menambahi dan tdk mengurangi. Langsung masuk surga.
9. Org2 yg melakukan dosa kecil & besar kemudian bertobat. Langsung masuk surga.
10. Org2 yg melakukan dosa dan tdk bertobat tp pahalanya > dosanya. Langsung masuk surga.
11. Org2 yg melakukan dosa dan tdk bertobat tp pahalanya = dosanya. Disebut ahlul-a’raf. Ditempatkan di hijab antara surga dan neraka. Dimasukkan ke surga setelah Allah menghisab penduduk surga.
12. Org2 yg melakukan dosa dan tdk bertobat tp pahalanya < dosanya. Org ini diazab di neraka terlebih dulu kemudian dimasukkan ke surga. Golongan ini akan mendapat syafaat dr kaum mukminin yg telah masuk surga terlebih dahulu karena pernah ato saling mengenal dalam kebaikan.

✏ 3 golongan berikutnya adalah yg masuk neraka dan kekal di dalamnya, diurutkan dr neraka yg paling dalam/bawah

1. Org2 munafik dgn nifaq yg berupa nifaq akbar.
Karena nifaq itu dibagi menjadi 2, yaitu nifaq akbar (pura-pura muslim padahal sebenarnya kafir) dan nifaq ashghar (bila berbicara berdusta, jika berjanji tdk ditepati, jika diberi amanah berkhianat). Orang dgn nifaq akbar, dia kekal di neraka terbawah jika tidak bertaubat. Adapun orang dgn nifaq ashghar, maka tentu ini adlh dosa, tapi tidak sampai membuatnya kekal di neraka karena dosa nifaq ashghar itu tdk mengeluarkan pelakunya dari Islam.
2. Pemimpin org kafir yg menghalangi org lain u/ mendapat hidayah. Mendapat dosa dari dosa yg dilakukan pengikutnya dlm kebathilan.
3. Pengikut org kafir, punya sarana untuk mencari kebenaran tp tdk berusaha mencarinya dan ngikut saja kpd org lain.

✏ Kemudian ada 1 golongan lg, yaitu

Org2 yg tdk sampai risalah kenabian kepada mereka. Dihukumi non muslim di dunia, tp akan diuji oleh Allah di akhirat. Mereka adlh
– Org yg tuli
– Org tua pikun
– Org yg pandir/idiot
– Org yg tdk mendaptkan risalah nabi (disebut ahlul-fatrah)
Untuk org2 ini, Allah akan mengatakan kepada mereka dan mengambil perjanjian dengan mereka untuk mentaati Allah SWT.  Kemudian Allah mengirimkan Rasul kepada mereka. Kemudian Rasul tsb menyuruh kepada mereka untuk menjatuhkan diri ke neraka. Ini adalah satu2nya ujian bagi mereka yang akan menentukan dimana mereka akan berada kekal selama nya.  Kemudian Rasulullah bersabda: Seandainya mereka masuk ke dalam neraka maka neraka tersebut akan berubah menjadi dingin dan menjadi surga buat mereka. Sedangkan  yang tidak mengikuti perintah Rasul tersebut maka mereka akan berada dalam neraka.

Nilai2 yg bisa dipetik:
1⃣ Kita harus bersyukur karena kita mendapatkan iman islam dan ujian yg kita dptkan memungkinkan kita berkesempatan u/ bertaubat. Banyak ujian yg kita lalui, dan jika kita jatuh pada 1 ujian, kita masih diberi kesempatan utk bertaubat, lalu diberi ujian berikutnya. Tidak seperti org2 ahlul-fatrah atau yg punya keterbatasan di atas, yg diuji hanya sekali utk menentukan tempat kembali mereka yg kekal abadi (surga atau neraka). Ujian mereka sedemikian berat krn mereka sudah berada di padang mahsyar, sudah tahu apa yg akan terjadi, sudah melihat sedemikian banyak org berkumpul di padang mahsyar menunggu peradilan Allah.
2⃣ Kita harus cerdas dlm beribadah, contoh: mengajarkan org lain berbuat baik, maka kita akan mendapatkan pahala yg sama selama org itu mengamalkannya.
3⃣ Kita harus berkumpul dgn org2 yg baik dan berlomba2 dalam kebaikan, karena kita nanti tdk tahu ada d golongan yg mn dan siapa tahu org2 yg pernah kita kenal memberi syafaat untuk mengangkat kita ke surga.
4⃣ Org2 di hari kiamat diberi keadilan oleh Allah SWT. Allah tidak menghukum hambaNya tanpa bukti yang jelas. (amr)

Leave a comment