P1 Review: Faedah Mendalami Ilmu Syar’i

Pengajian 1: Faedah Mendalami Ilmu Syar’i

Pembicara: Akh Andy Octavian Latief

Review

Ilmu syar’i adalah ilmu yang diturunkan melalui kaedah wahyu (kepada Nabi Muhammad SAW), diantara ilmu syar’i yang paling utama adalah ilmu mengenai iman kepada Allah.

Salah satu faedah mendalami ilmu syar’i adalah pemahaman kita terhadap sesuatu yang dipandang baik oleh islam, yang aplikasinya sangat luas. Semisal dalam bermuamalah (interaksi terhadap sesama manusia), beramal shaleh, menuntut ilmu, dan sebagainya.

Dalam konteks menuntut setelah ilmu syar’i yang sifatnya mubah (ilmu lainnya), maka niat (innamal a’malu binniyat) menjadi penentu apakah a’mal (perbuatan) kita dapat diarahkan menjadi ibadah atau sekedar aktifitas biasa, semisal tidur (hukum dasarnya adalah mubah), dapat menjadi ibadah ketika diniatkan tidur untuk mendapatkan kebugaran untuk shalat di pagi hari atau tahajud di pertengahan malam, atau bekerja untuk menafkahi keluarga (tambahan redaksi), begitu juga dengan menuntut ilmu setelah ilmu syar’i dapat menjadi ibadah ketika ada niat untuk berpartisipasi untuk kemajuan islam, bakti anak shaleh kepada orang tua (redaksi), menafkahi keluarga (redaksi), dsb.

One response to “P1 Review: Faedah Mendalami Ilmu Syar’i

Leave a comment